Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 06 Agustus 2014

MITOS pasta gigi bisa menyembuhkan LUKA BAKAR



Mari kita tinggalkan asumsi bahwa pasta gigi bisa menyembuhkan luka bakar. Kenapa? Yuk baca lebih lanjut.
Dewasa ini, ternyata masih banyak yang beranggapan bahwa pasta gigi bisa meringankan luka bakar. Baik luka bakar karena minyak goreng, air panas, knalpot, dan masih banyak lagi.
Ternyata asumsi itu tidak benar. Pasta gigi tidak bisa meringankan luka bakar. Berbagai kandungan zat di dalamnya, seperti pemutih dan pewarna, justru malah bisa memperparah luka dan memicu timbulkan infeksi. (‘’jelas dr.Vera Ikasari, SpBP)

Lalu apa pertolongan pertama  orang dengan luka bakar?
Hal yang benar sesaat setelah terkena luka bakar yakni dengan mengguyurnya dengan air mengalir selama 30 – 40 menit dengan tujuan agar panasnya tidak menyebar. Logikanya, saat kulit terbakar maka suhu tubuh akan berubah. Nah, karena sifat air yang selalu konstan maka ia akan dapat meringankan panasnya dan tidak menjalar ke kulit bagian dalamnya.
Jadi, jika anda mengalami luka bakar maka hal yang perlu dilakukan saat itu adalah dengan membersihkannya saja. Luka bakar bisa membuat tubuh sangat rentan terinfeksi kuman, bakteri dan penyakit.  Ditambah lagi sifat pasta gigi yang menempel tersebut malah membuat luka bakar tidak bersih sehingga resiko terinfeksi lebih besar lagi.
Well, mengguyurkan air ke bagian yang terbakar hanya pertolongan pertama saat terjadi luka bakar. Jika luka bakarnya parah, sesegera mungkin larikan ke RS. Karena efek dari luka bakar tidak hanya pada kulit saja tapi juga bisa menimbulkan kerusakan pembuluh darah, menyebabkan syok, ketidakseimbangan elektrolit dan suhu tubuh yang bisa diakibatkan oleh penguapan yang berlebihan.
Dan yang paling penting, jangan menggunakan odol (pasta gigi) untuk meringankan luka bakar karena justru akan memperparah luka itu sendiri.

Penulis : Tiya Fajriyati (mahasiswi semester 5) STIKES PEMKAB JOMBANG
Edit : Sandhi Okta


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Badan Eksekutif Mahasiswa - STIKES PEMKAB JOMBANG - Powered by akhi_129 - Designed by @sandhi_okta -